Kompetensi lulusan D-IV Analis Kesehatan (TLM) merupakan kualifikasi kemampuan lulusan setelah menyelesaikan pembelajaran selama 4 (empat tahun), yang mencakup sikap, ketrampilan dan pengetahuan. Kompetensi lulusan dinyatakan dalam capaian pembelajaran lulusan (CP), yang mengacu pada CP KKNI pada jenjang kualifikasi 6 (enam) (setara dengan S-1/Sarjana) berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012. Kompetensi lulusan D-IV  Analis Kesehatan (TLM) Universitas Setia Budi, adalah mendidik peserta didik menjadi sarjana sains terapan yang mampu : Mempertanggungjawabkan hasil pemeriksaan laboratorium secara professional; Mengelola pekerjaan laboratorium mulai dari yang rutin sampai dengan yang kompleks sesuai dengan Good Laboratory Practices (GLP); Memiliki budaya kerja yang berorientasi pada mutu, menguasai konsep dan prinsip kerja pemeriksaan laboratorium berbasis teknologi terkini; Mengelola organisasi laboratorium; Mampu mandiri dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain

Sarjana Sains Terapan (S.S.T.) berdasarkan PP No. 60  tahun 1999 pasal 22 dan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No.: 178/U/2001 pasal 11, dan dari aspek kepegawaian setara dengan S-1 (Sarjana) (Kepres RI No. 57, Tahun 1984) pasal 1 serta dari aspek KKNI pada level 6 (setara dengan S-1/Sarjana) berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012.

Visi program studi

Menjadi Program Studi yang bermutu dan terpercaya dalam pengembangan dan penerapan IPTEK di bidang  pengelolaan laboratorium kesehatan, untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat pada tahun 2020.

Misi program studi

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan berkualitas berbasis  penelitian dan pengabdian masyarakat dalam rangka menghasilkan Sarjana Sains Terapan Analis Kesehatan yang berbudi pekerti luhur, profesional, mandiri, mampu mengembangkan dan menerapkan  IPTEK serta memiliki jiwa kewirausahaan.
  2. Menjalin dan meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak baik dari dalam maupun luar negeri dalam rangka meningkatkan mutu lulusan.
  3. Meningkatkan pengakuan pengguna lulusan terhadap kompetensi lulusan di bidang pengelolaan laboratorium kesehatan.
  4. Meningkatkan keberlanjutan eksistensi program studi dan menciptakan suasana akademik yang kondusif, melalui optimalisasi sistem pengelolaan manajemen internal dan eksternal.

Tujuan program studi

 

  1. Menghasilkan Sarjana Sains Terapan Analis Kesehatan yang berbudi luhur dan memiliki integritas, kepribadian yang tinggi, kreatif, inovatif serta berperan aktif dalam pengembangan dan penerapan IPTEK.
  2. Menghasilkan Sarjana Sains Terapan Analis Kesehatan yang memiliki jiwa wirausaha dan mempunyai keterampilan dasar-dasar profesionalisme pengelolaan laboratorium kesehatan meliputi: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program pelayanan laboratorium kesehatan.
  3. Menghasilkan proses pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang berkualitas untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Please publish modules in offcanvas position.