Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD) D3 Analis Kesehatan USB

Program Studi D3 Analis Kesehatan (TLM), Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Setia Budi merupakan pelopor pendidikan Analis Kesehatan (TLM) di Indonesia. Program Studi ini telah berdiri sejak tahun 1983 dan telah menghasilkan hamper 3000 lulusan yang tersebar diseluruh wilayah Nusantara. Pada tanggal 6 Februari 2020 kemarin Program Studi D3 Analis Kesehatan USB melaksanakan kegiatan rutin tahunan yaitu Pembangunan Kesehtan Masyarakat Desa (PKMD) tahun 2020 dengan tema “Mengenal dan Mendeteksi Kanker Secara Dini”. Tujuan utama dari Program PKMD ini adalah mahasiswa mampu menyampaikan informasi kesehatan, mahasiswa sebagai agen promosi kesehatan di masyarakat secara langsung. Acara puncak PKMD tahun 2020 dilaksanakan di Balai Desa Triyagan, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo. Kegiatan Penyuluhan kesehatan pada PKMD 2020 ini disampaikan oleh dr. Ratna Herawati, M. Biomed dan dimoderatori oleh Drs. Edy Prasetya, M.Si.

Acara Puncak PKMD tahun 2020 dihadiri oleh sekitar 50 tamu undangan yaitu warga masyarakat Desa Triyagan yang sebagian besar adalah kader PKK desa, selain itu juga dihadiri oleh perangkat desa mulai Sekretaris desa, Kepala desa. Acara tersebut juga dihadiri oleh seluruh dosen Program Studi D3 Analis Kesehatan, dosen Fakultas Ilmu Kesehatan dan mahasiswa D3 Analis Kesehatan angkatan 2017. Dalam sambutannya kepala desa Triyagan Bapak Pardiyanto menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang baik yang perlu terus dilakukan, beliau juga berterimakasih kepada Prodi D3 Analis Kesehatan yang telah secara continue melaksanakan kegiatan PKMD di desa Triyagan. Menurut Bapak Pardiyanto kegiatan seperti ini memberi manfaat menambah keilmuan bagi seluruh warga masyarakat desa Triyagan. Pak Pardiyanto juga menginformasikan bahwa setiap bulan ada kegiatan pertemua Ibu-Ibu PKK yang juga membahas masalah-masalah kesehatan, masalah social kemasyarakatan dan sebagainya. Pak Pardiyanto mengundang seluruh sivitas akademika Fakultas Ilmu Kesehatan untuk bias berpartisipasi menyampaikan penyuluhan-penyuluhan di acara tersebut.

Kegiatan PKMD 2020 Prodi D3 Analis Kesehatan USB dimulai sejak 16 Desember 2019 yaitu proses bimbingan proposal, pembuatan poster, pembuatan video, perlombaan poster dan video serta hari puncak PKMD 2020. Pada kegiatan puncak ini terdapat beberapa kegiatan diantaranya: penyuluhan kesehatan, pemeriksaan tensi, pameran poster, penganugrahan vidio terbaik, penganugrahan poster terbaik, penampilan vidio terbaik, presentasi poster terbaik dan juga mahasiswa menampilkan tarian Tobelo khas Merauke. Ketua Program Studi D3 Analis Kesehatan Dr. Rizal Maarif Rukmana, S.Si., M.Sc menyampaikan terimakasih kepada Kepala Desa, Perangkat desa, dan masyarakat Desa Triyagan yang bersedia menyediakan tempat untuk acara puncak PKMD 2020. Pak Rizal juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh sivitas akademika serta mahasiswa Prodi D3 Analis Kesehatan angkatan 2017 yang telah menyiapkan acara puncak PKMD dengan baik.

Acara Puncak PKMD 2020 juga memberikan penganugrahan pada kelompok yang mebuat vidio terbaik dan poster terbaik. Penilaian poster dan vidio telah dilaksanakan pada tanggal 31 Januari 2020. Sebagai juri dan penilai vidio dan poster adalah Ibu dr. Lucia Sincu G, M.Kes, Bapak Dr. Dian Kresnadipayana, S.Si., M.Si dan Ibu Ifandari, S.Si., M.Si. Ketiga juri dan penilai tersebut juga merupakan dosen di lingkungan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Setia Budi Surakarta. Pembacaan pemenang memang dilakukan di acara puncak PKMD 2020. Ibu Dra. Dewi Sulistyawati, M.Sc selaku sie acara menyampaikan juara poster terbaik diraih oleh klp 8 dengan anggota: Mactildis Yosefeni M, Dinda Putri N A, Yosinta Wahyuni M, dan Yosiana Dhiu. Juara vidio terbaik diraih oleh klp 1 dengan anggota: Wahyu Fikri F, Diana Mega P, Ayu Dira L dan Salsabila Dwi O. Acara puncak PKMD 2020 juga dimeriahkan oleh tari Tobelo khas Merauke yang dibawakan oleh 4 mahasiswi asal merauke. Kegiatan PKMD 2020 ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dari Prodi D3 Analis Kesehatan ke Desa Triyagan yang diwakili oleh Bp Dr. Rizal Maarif Rukmana, S.Si., M.Sc ke Bpk Pardiyanto. (Riz)      

Super User

Contact Info

Alamat:
Jl Letjen Sutoyo Mojosongo Surakarta 57127

Phone:
(0271) 852518

Email:
fik@setiabudi.ac.id