BEM FIK USB adakan Bakti Sosial “Sadar Sehat Cuci Tangan”

Badan Eksekutif Mahasiswa, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Setia Budi Surakarta melakukan Bakti Sosial (Baksos) dengan tema “Sadar Sehat Cuci Tangan”. Bakti sosial tersebut dilaksanakan pada hari Rabu 11 Desember 2019 di SDN Tugu Jebres Kota Surakarta. Bakti social yang dilakukan oleh BEM ini merupakan kegiatan rutin tahunan. Kegiatan tersebut mengangkat tema mencuci tangan karena mencuci tangan merupakan salah satu tindakan pencegahan pertama dalam rangka menciptakan masyarakat yang sehat. Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa-siswi SD. Hal tersebut sangat positif dilakukan karena ketika generasi penerus bangsa ini sehat dan dibiasakan untuk hidup sehat maka diharapkan mereka mampu menggapai cita-citanya.

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FIK telah menyiapkan acara tersebut dengan baik. Hal itu terbukti dengan antusiasmenya  siswa-siswi SDN Tugu Jebres, antusiasmenya para guru dan wali kelas, serta keikutsertaan dari Kepala Sekolah dalam kegiatan tersebut. Baksos dimulai jam 09.00 dan dibuka langsung oleh Bapak Wakil Dekan II Fakultas Ilmu Kesehatan (Bapak Rahmat Budi Nugroho, S.Si., M. Sc). Dalam sambutannya Pak Rahmat mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah bersedia memberikan waktunya untuk kegiatan ini. Pak Rahmat juga memberi apresiasi kepada pengurus BEM FIK dan berharap nantinya FIK semakin banyak melakukan kolaborasi dalam berbagai kegiatan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Kepala Sekolah SDN Tugu Jebres menyambut baik pada acara ini. Harapan Pak Didit selaku Kepala Sekolah adalah anak-anak tetap rajin belajar, dan berusaha untuk menggapai cita-citanya dimulai dari hidup sehat dengan cuci tangan menggunakan sabun. Selain itu Pak Didit juga menyampaikan terima kasih pada BEM FIK dan juga civitas akademika di lingkungan Fakultas Ilmu Kesehatan atas kegiatan ini. Beliau juga mengharapkan mahasiswa/i melalui organisasi di kampus dapat terus mempromosikan masalah-masalah kesehatan.  

Pada kegiatan baksos tersebut BEM FIK mengundang Ibu dr. Lucia Sincu Gunawan, M.Kes sebagai penyuluh kegiatan. Dokter Lucia merupakan salah satu staf dosen di lingkungan Fakultas Ilmu Kesehatan. Dokter Lucia membuat Baksos lebih semarak dan ceria karena dalam memaparkan kegiatan beliau menggunakan banyak media. Beberapa media yang dipakai dalam rangka menyampaikan materi yaitu: lagu-lagu, gerakan-gerakan menarik, serta memberikan beberapa quis. Dokter Lucia menekankan bahwa cuci tangan sangatlah penting supaya kita semua tidak mudah terinfeksi oleh kuman. Dengan mencuci tangan menggunakan sabun saat mau makan, setelah bermain setelah membuang sampah, setelah BAB maka kesehatan kita akan selalu terjaga. Saat cuci tangan jangan lupa juga untuk mengeringkan tangannya untuk mengurangi risiko penyakit saluran nafas, flue, diare dan cacingan.

Akhir acara BEM FIK USB memberikan kenang-kenangan yang diberikan pada pihak sekolah melalui Kepala Sekolah. Selain itu, BEM FIK juga memberikan beberapa doorprize kepada adik-adik yang dapat menjawab kuis yang diberikan Dokter Lucia. Harapan semua pihak adalah Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Setia Budi Surakarta semakin maju dan dapat bekerja sama dengan semua elemen masyarakat serta institusi lain [Riz].

Super User

Contact Info

Alamat:
Jl Letjen Sutoyo Mojosongo Surakarta 57127

Phone:
(0271) 852518

Email:
fik@setiabudi.ac.id