Dosen D3 Analis Kesehatan (TLM) Melakukan Penyuluhan “Hidup Sehat Bebas dari Toxoplasma”

Dua dosen Program Studi D3 Analis Kesehatan (TLM), Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Setia Budi Surakarta melakukan pengabdian masyarakat dengan tema “Hidup Sehat Bebas dari Toxoplasma”. Dua dosen yang mengadakan pengabdian masyarakat yaitu: Ibu Dra. Kartinah Wiryosunjoyo, S.U dan Dra. Dewi Sulistiyawati, M.Sc. Pengabdian masyarakat tersebut dibantu oleh dua mahasiswa D3 Analis Kesehatan (TLM) yaitu: Eko Adi P dan Gabriel Citra P. Pengabdian masyarakat ini dilakukan di daerah Purbayan, Kota Surakarta pada tanggal 6 November 2019. Pengabdian ini berupa penyuluhan yang diberikan pada Ibu-Ibu di kampung setempat.

 

Ibu Dra. Dewi Sulistyawati, M.Sc menyatakan bahwa toxoplasma merupakan parasit uniseluler  Prevalensi infeksi toxoplasma di Indonesia antara 2-62%. Sementara, prevalensi infeksi toxoplasma di Surakarta mencapai 50%. Sedangkan penularan toxoplasma tidak hanya melalui hewan pemeliharaan saja. Penularan toxoplasma lebih banyak lewat kebiasaan yang kurang sehat seperti makan daging yang kurang matang, makan sayur atau buah yang kurang bersih, tidak cuci tangan setelah memegang daging mentah.

Toxoplasma tidak hanya berbahaya bagi wanita hamil, tapi juga bagi individu yang kekebalan tubuhnya menurun. Infeksi toxoplasma/toxoplasmosis pada orang yang imunokompeten biasanya hanya menimbulkan gejala seperti flu ringan seperti demam dan sakit kepala. Pada orang yang kelebihan berat badannya, toxoplasmosis dapat mengaburkan pandangan sampai kebutaan. Wanita hamil yang terinfeksi toxoplasma pada tri semester pertama akan mengalami abortus, sedangkan infeksi pada tri semester ke tiga menyebabkan cacat pada bayi dan kemunduran mental.

Ibu Dra. Kartinah Wiryosoenjoyo, S.U memaparkan tentang penularan toxoplasmosis. Cara penularan toxoplasmosis dapat melalui: daging setengah matang, tangan yang kotor, air mentah, transfusi darah, transplantasi organ, alat-alat yang tercemar toxoplasma. Pencegahan toxoplasma dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan, terutama mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan, mencuci sayuran dan buah dengan air mengalir, tidak makan daging setengah matang dan melakukan screening toxo pada wanita.

Pada acara pengabdian masyarakat tersebut peserta sangat antusias, hal itu ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang mereka berikan pada pemateri. Ketua Program Studi D3 Analis Kesehatan (TLM) memberikan apresiasi pada dosen-dosen yang mengajak mahasiswa untuk melakukan pengabdian masyarakat secara bersama. Harapan yang akan dating adalah supaya dosen-dosen Program Studi D3 Analis Kesehatan (TLM) dapat memperoleh dana hibah pengabdian masyarakat internal maupun eksternal serta dapat bekerja sama dengan prodi lain dan institusi yang lainnya. [Riz].

Super User

Contact Info

Alamat:
Jl Letjen Sutoyo Mojosongo Surakarta 57127

Phone:
(0271) 852518

Email:
fik@setiabudi.ac.id